Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Macam-Macam Media Tanam (1)

Macam-Macam Media Tanam (1)


Media tanam
merupakan komponen pokok dalam bercocok tanam,karena media tanam berperan sebagai tempat menetapnya tanaman. Apabila media tanamnya baik maka pertumbuhan tanaman pun bisa ikut baik. Begitu pula sebaliknya. Lalu apa saja sih media yang bisa dijadikan media tanam untuk tanaman?? Apa hanya tanah saja??

Yah,Media tanam ada bermacam-macam,Tidak hanya tanah saja. Bahkan Secara umum media tanam terbagi 2 yaitu media tanam organik dan media tanam anorganik. Kali ini Panchids akan lebih memfokuskan dalam pembahasan media tanam organik. Apa sajakah itu??

1. Kompos

Media Tanam Kompos

Kompos adalah media tanam organik yang dihasilkan dari fermentasi/pembusukan bahan-bahan organik seperti jerami,sekam,daun,dll. anda bisa mengkombinasikan kompos dengan media tanam tanah anda,karena kelebihan dan manfaat kompos adalah:
- Mengembalikan kesuburan tanah
- Fasilitator dalam penyerapan nitrogen (<- sangat dibutuhkan tanaman).

2. Coco Peat (CocoPeat)

Media Tanam CocoPeat

Coco Peat
(CocoPeat) adalah Media tanam yang terbuat dari serabut kelapa.Dengan kandungan yang dimilikinya seperti Fosfor (P),Natrium(N),Kalium(K),Magnesium(M) dapat membantu kebutuhan hara untuk tanaman anda. Selain itu CocoPeat ini juga bagus dalam penyimpanan air sehingga kebutuhan tanaman anda akan air dapat terjaga. 

3. Arang
Media tanam arang

Arang bisa jadi pilihan juga untuk media tanam. Arang terbuat dari pembakaran kayu atau batok kelapa. Dengan sifatnya yang buffer (penyangga) arang dapat mengadaptasi unsur lain yang diberikan kepadanya.

Tidak semua tanaman bisa diberi arang sebagai media tanamnya. Biasanya arang ini digunakan sebagai media tanam anggrek atau tanaman-tanaman lain yang tidak banyak memerlukan air karena kemampuan arang dalam mengikat air tidak terlalu baik.

4. Pupuk Kandang

Media Tanam Pupuk Kandang

Pupuk Kandang adalah Pupuk organik yang dihasilkan dari kotoran hewan ,biasanya sapi atau kambing. Pupuk kandang yang akan dijadikan media tanam harus matang dan steril untuk mencegah adanya bakteri yang bisa merusak tanaman. Pupuk Kandang ini bagus dijadikan media tanam karena:
- Mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman,Seperti Natrium (N),Fosfor (P) ,dan Kalium (K).
- Membantu Merombak bahan organik yang sulit dicerna oleh tanaman.

Itulah beberapa Media tanam organik yang bisa digunakan untuk tanaman anda, masih ada beberapa macam media tanam organik lagi yang akan panchids share di postingan berikutnya. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat. Salam Panchids~

Menuju ke : Part 2

PANCHIDS FLORA


Telp : 082125842446 / 081806433157

WhatsApp : 082125842446

Pin BB : 58091134

Kunjungi Toko Kami :
- Jl. Raya Pondok Gede Dirgantara I No.34 Halim P.K .
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengenal Macam-Macam Media Tanam (1) di blog PANCHIDS FLORA jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :